Minggu, 01 Agustus 2010

Menginstalasi PC 1

1. Definisi Komputer
• Seperangkat alat elektronik yang dihubungkan dengan listrikyang berguna untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah, cepat dan akurat.
• Alat informasi dan komunikasi yang mengolah data dan kemudian menyimpannya.
• komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
• Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

2. System kerja komputer
3. Perangkat Komputer
a. Hardware : peralatan komputer sendiri
b. Software : Program yang berisi perintah2 untuk melakukan proses tertentu.
c. Brainware: Manusia yang terlibat didalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
4. Hardware : Sekumpulan perangkat keras didalam komputer yang dapat kita lihat dan diraba.
Secara umum hardware dapat dibagi menjadi bagian
a. Input device
• Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input.
• Adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat memasukkan data dan di proses komputer.
• Contoh : keyboard, mouse, scanner, digital camera, touch screen, light pen, track ball, bar code wand, floppy disk, optical data reader, mic, cd rom.
• Keyboard
o Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alphabet) A – Z, a – z, angka (numeric) 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ |, tombol fungsi (F1 – F12), serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts.
o Jenis – jenis keyboard
Keyboard XT / serial
Keyboard PS2
Keyboard wireless
• Mouse
b. Output device
• Adalah perangkat keras yang berfungsi menampilkan keluaran hasil pengolahan data baik berupa hard copy (kertas) soft copy (monitor) dan suara.
• Hard copy:alat untuk mencetak tulisan, image pada media keras (printer) soft copy : alat untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.(monitor,proyektor), drive device atau driver : alat untuk merekam simbol yang hanya bisa dibaca dengan mesin seperti magnetic disc atau magnetic tape.
c. Alat proses
o CPU mempunyai dua bagian yang dibedakan berdasarkan fungsi operasionalnya yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit (CU).
o ALU berfungsi sebagai pusat pengolah data seperti perhitungan- perhitungan matematika. CU berfungsi sebagai pengontrol kerja computer yaitu mengatur urutan proses-proses yang di lakukan computer.

d. Media penyimpanan / storage
o RAM : memori internal yang berfungsi untuk media penyimpan yang kita olah untuk sementara waktu
o ROM : memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai media informasi pada saat pertama kali komputer dijalankan.
Booting : proses pengaktifan komputer waktu pertamakali.
Cold booting : pengaktifan sistem komputer pertama kali untuk mengambil program bootstrap dari keadaan listrik off sampai on.
Warm booting : proses pengulangan pengambilan program bootstrap pada saat komputer dalam keadaan hidup dengan cara menekan CTRL + ALT + DELT pada keyboard secara bersamaan.
Non valetile : program yang tidak akan hilang walau komputer mati.
Prom (Programmable read only memory):Rom yang dapat di program kembali dan hanya sekali.
EPROM (Erasable Programmable read only memory) :ROM yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet dan dapat diprogram berulang2.
EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.
5. Media penyimpanan yang lain
a. Hardisk
b. Disk drive
c. CD-Rom/cd-rw

6. I/O port atau port komunikasi
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar
sistem. I/O Port juga biasa disebut dengan bagian interface (antar
muka) karena peralatan input dan output di atas terhubung melalui
port ini.

7. Processor (hal 6)
8. Mainboard (hal 15)
9. Power suplai (hal 29)
10. Slot ekspansi : merupakan tempat untuk meletakkan segala jenis card, seperti VGA card, modem, MPEG card, sound card. Slot ekspansi berbentuk persegi panjang yang etrdiri dari, 8, 16, 32, 64 dan 128 bit.
11. Slot PCI (pheriperal component interconnect) adalah saluran 32 dan 64 bit standar lokal bus yang mengikat bus ekspansi langsung ke cpu. Biasanya slot ini digunakan untuk VGA card seri lama, sound card, modem card, TV card.
12. Slot memori / RAM : untuk meletakkan RAM.
13. Chipset motherboard : berguna untuk mengatur atau membagi fungsi – fungsi didalam motherboard.
Chipset menentukan beberapa hal berikut ini:
- Tipe proses yang digunakan
- Jenis memori yang mendukung PC
- Kelengkapan I/O yang mampu disediakan.
- Label data pada motherboard yang bisa didukung
- Keteserdiaan fitur – fitur tambahan seperti LAN card, sound card dan modem.
14. I/O port atau port komunikasi adalah jembatan untuk menstransfer dat ke pheriperal atau hardware.
15. USB (Universal Serial bus) salah satu port komunikasi yang antara lain dimanfaatkan untuk CD – ROM eksternal, printer, scanner, kamera digital, modem eksternal dll.
16. IDE Connector / inetrface IDE digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan komponen penyimpanan data yang bertipe IDE seperti Harddisk, CD-Rom. Interface IDE ini memiliki 40 pin dan tidak membutuhkan I/O port.
17. Interface FDD (Floppy Drive Connector)
Digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan floppy disk. Mirip dengan interfice IDE , tetapi hanya terdiridari 34 pin. Ciri khusu konektor yang terhubung dengan interfice FDD adalah tanda sobekan pada kabel datanya.
18. PIN Group adalah sekumpulan konektor yang berhubungan dengan kabel reset, HDD LED, power LED, speaker dan power switch.
19. IC BIOS adalah jenis memori ROM yang dibuat dan diisi program dasar komputer oleh pabrikpembuat motherboard sendiri.
20. Baterai BIOS / CMOS : sumber tegangan bagi IC BIOS untuk menjaga agar data yang ada dalam sistem BIOS terus tersimpan.
21. Casing : tempat perlindungan komponen dan hardware komputer agar terhindar dari gangguan luar dan mengakibatkan kerusakan.
22. Kabel data disk : merupakan interfice antara pin disk dan disk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar