Rabu, 17 November 2010

MAKNA KUBAN, SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1431 H


Makna kurban berasal dari bahasa arab yaitu Qurban yang artinya mendekatkan diri pada Allah, jadi tidak seharusnya hari kurban di peringati hanya dengan berpesta daging kurban tanpa merenungkan makana sejarah serta kandungan nilai didalamnya.

Hari raya kurban merupakan refleksi dari perjalanan kebajikan manusia dimasa lampau, yaitu untuk mengenang perjuangan serta pengorbanan Nabi Ibrahim dalam menjalankan perintah Allah. Kerelaan untuk mengorbankan apa yang sangat kita cintai, tentu merupakan ujian yang sangat berat, dan perlu suatu keyakinan serta keihlasan untuk melaksanakannya.
Hari raya kurban juga merupakan suatu nilai yang sangat manusiawi, Kehendak Allah menggantikan kambing sebagai ganti Nabi Ismail, suatu bentuk nilai bahwa Atas kepentingan apapun manusia harus dilindungi hak dan martabatnya. Jadi tidak boleh mengorbankan manusia baik dalam kepentingan politik atau kepentingan lainnya.
Hari raya kurban adalah bentuk relasi antar manusia, yaitu saling berbagi antara yang mampu dan yang tidak mampu, berbagi kenikmatan serta bentuk solidaritas antar sesama.
Maka renungan Idul Adha adalah:
1. Tujuan manusia di dunia ini hanyalah untuk mendapatkan ridho Allah, dan ridho Allah hanyalah bagi orang yang berserah diri dan ikhlas dalam menjalankan perintahNya.
2. Makna bahwa apa yang dikurbankan merupakan simbol dari sifat tamak dan kebinatangan yang ada dalam diri manusia seperti rakus, ambisius, suka menindas dan menyerang, cenderung tidak menghargai hukum dan norma-norma sosial menuju hidup yang hakiki.
3. Kepekaan solidaritas antar sesama, menghargai setiap perbadaan dan peduli serta respek dengan lingkungan social.
Selamat hari raya Idul Adha 1431 H, Semoga Allah meridhoi kita semua. Amien……………


Tidak ada komentar:

Posting Komentar