Senin, 01 November 2010

Membersihkan Mouse

Ada dua jenis mouse utama, yaitu mekanik dan optik. Masing-masing pada dasarnya dibersihkan dalam cara yang sama, meskipun mouse mekanis memerlukan beberapa langkah tambahan, sementar yang optik lebih sederhana. Mouse Mekanik rentan terhadap debu dan partikel yang dapat menumpuk di dalam mouse, yang dapat membuat bolanya sulit untuk berputas, atau bergerak dengan benar. Jika bolanya kotor menyebabkan pointer tidak lancar atau macet sama sekali. Optical mouse tidak memerlukan pembersihan internal karena tidak ada bagian yang berputar, namun debu bisa lengket dari waktu ke waktu dan berkumpul dekat lampu emitor atau lengket pada bantalan. Hal ini dapat menyebabkan gerakan kursor yang tidak menentu atau mouse tidak bekerja sama sekali.

Sebelum Anda mulai bekerja ada baiknya anda belajar cara membersihkan mouse, periksa petunjuk manual untuk melihat apakah produsen telah memberikan instruksi untuk proses pembersihan. Jika ada, Anda harus mengikuti instruksi tersebut. Jika tidak, langkah-langkah berikut adalah tips dasar membersihkan mouse Anda.
Untuk Bersihkan Mechanical Mouse:
1. Matikan komputer dan cabut itu.
2. Lepaskan mouse dari PS / 2 atau USB port.
3. Putar mouse kearah terbalik.
4. Tekan dan putar penutup bola-cincin dalam arah yang ditunjukkan pada mouse untuk membuka cincin. Jika mouse anda menggunakan sekrup, gunakan obeng untuk membuka tutup cincin.
5. Putar mouse ke samping untuk mengeluarkan cincin dan bola pelacakan.
6. Bilas bola mouse dengan air dan gosok dengan kain halus hingga bersih.
7. Gunakan penghapus anti-statis, kertas handuk, atau kapas basah dengan alkohol untuk menghilangkan debu dari dalam dan luar mouse.
8. Diamkan beberapa menit sampai semua bagian kering.
9. Pasang kembali semua bagian-bagian yang anda buka tadi.
10. Hubungkan kembali mouse ke komputer.
11. Proses selesai.
Membersihkan Optical Mouse:
1. Matikan komputer dan cabut itu.
2. Lepaskan mouse dari PS / 2 atau USB port.
3. Putar mouse kearah terbalik
4. Gunakan anti-statis menghapus atau handuk kertas teredam dengan alkohol ringan untuk menyeka bagian bawah mouse. Pastikan bahwa kain handuk hanya sedikit basah
5. Jika daerah tertentu terasa lengket, gunakan lap anti-statis atau handuk kertas teredam dengan air untuk membersihkan daerah tersebut.
6. Taruh mouse pada areal yang bersih, setelah dilap dengan kain kering.
7. Proses selesai. Selamat mencoba!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar