Fish

Jumat, 05 November 2010

Perangkat Lunak Pengolah Kata 1

Standar Kompetensi : Mengoperasikan sistem operasi software
Kompetensi dasar :Mengoperasikan software pengolah kata
Indikator :
1. Fungsi software pengolah kata dijelaskan dengan benar
2. Software pengolah kata dijalankan melalui perintah yang terdapat pada start menu, shortcut atau icon
3. Berbagai software pengolah kata dioperasikan sesuai dengan SOP
4. Perintah-perintah pengelolaan File Document, seperti: membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, menyimpan dengan nama lain, keluar dari program aplikasi dijalankan dengan benar
5. File Document disimpan menggunakan berbagai format antara lain : sxw (Text Document), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Dokument), html (Web page)
6. File Document dijalankan dengan perintah-perintah editing sederhana antara lain : mengetik dan menyelipkan huruf/kata/ kalimat, memformat huruf/font, text alignment, numbering, bullet, page break, penggunaan kolom, paragraf, border dan shading, format painter, edit, paste, cut, mail merge
7. File Document diatur dengan perintah-perintah pengaturan antara lain: ukuran kertas, orientasi kertas (Potraid atau Landscap), margin
8. Header dan Footer, pemberian halaman, penomoran isian berulang diaplikasikan pada file dokumen
9. Perintah-perintah pencetakan seperti print setup dan print preview diaplikasikan sesuai dengan parameter kertas dan printer
10. File Document dicetak sesuai dengan parameter standar seperti mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang sedang aktif/diedit

Perangkat Lunak Pengolah Kata (Word Processing)

Adalah perangkat lunak yang digunakan khusus untuk melakukan pemrosesan kata.
Contoh Microsoft Office, open office writer, wordstar, pagemaker dll.
Berbagai perangkat lunak pengolah kata:
a. Lotus Word Pro
Adalah aplikasi pengolah kata yang dikeluarkan oleh IBM.
Kelebihan :
• kemampuan untuk mempertukarkan file dokumen dengan Microsoft word.
• Dilengkapi fitur-fitur baruyang memungkinkan peningkatan produktifitas penggunanya
• Dapat mendikte secara langsung teks-teks yang ingin diketik
• Dapat angsung terhubung dengan internet
b. Corel WordPerfect
Merupakan program aplikasi pengolah kata yang dapat dijalankan di computer dengan system operasi windows.
Kelebihan :
• Dilengkapi kemampuan untuk membaca file dari Microsoft Office.
• Harga yang ditawarkan setengah dari Microsoft word
c. StarOffice Writer
Adalah aplikasi pengolah kata yang bersifat multiplatform artinya dapat dijalankan di berbagai system operasi termasuk Linux, Solaris dan Windows.
Kelebihan :
• Mempunyai banyak contoh memo, faks surat, resume dan dokumen untuk mempermudah pekerjaan
• Harga yang murah serta mudah dalam penggunaannya
d. OpenOffice Writer
Adalah aplikasi pengolah kata yang bersifat open source artinya dapat mendownload dari internet dan dapat menggunakannya secara gratis.
e. Microsoft World
Sering disebut juga Ms Word atau word saja dikeluarkan oleh perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia yaitu Microsoft Corp..
Kelebihan :
• Kemampuan untuk menyisipkan objek-objek dari aplikasi lain seperti Excel, Power Point, Corel Draw, dan sebagainya.
Kelemahan :
• Harganya sangat mahal dibandingkan dengan yang lainnya.
Fungsi
1. Program pengolah kata memiliki sejumlah karakter huruf yang dapat diubah – ubah oleh pengguna sesuai dengan keinginannya
2. Program pengolah kata dapat melakukan editing tanpa harus membuat dokumen baru
3. Program pengolah kata dapat melakukan pekerjaan menyisipkan gambar dll

Mengaktifkan aplikasi pengolah kata
1. Klik ikon start pada taskbar
2. Klik program, lanjutkan dengan klik Microsoft office
3. Klik Microsoft word

Mengenal fitur dan fungsi baru pada Office 2007
• Microsoft Office Button : Fungsinya hampir sama dengan menu file:
New (Ctrl + N) : membuat dokumen baru
Open (ctrl + O) : membuka dokumen
Convert : mengubah format file menjadi format 2007
Save (ctrl +S) : menyimpan dokumen
Save as (F12) : menyimpan file dengan nama baru
Print (ctrl + P) : mencetak dokumen
Prepare : menyiapkan dokumen sebelum di publish
Send : mengirim dokumen ke media lain
Publish : mendistribusikan dokumen kepada orang lain
Close (alt + f4) :menutup dokumen yang aktif
Word options : memodifikasi setting program dari Microsoft office
Exit word : keluar dari program
• Quick Access Toolbar : Access cepat pada tool yang digunakan.
• Ribbon : Area standart office 2007 yang berada di atas jendela program tempat tempat memilih perintah –perintah. Ribbon mengganti fungsi menu dan toolbar pada menu sebelumnya.
• Ribbon terdiri dari beberapa tab yang mengelompokkan sesuai perintah yang sejenis, setiap tab terdiri dari group, setiap group terdiri dari Command Button.
Latihan 1
Tulislah semua Tab, Group dan Command button pada Microsoft Office 2007
Membuat Dokumen Baru
Cara 1 :
1. Klik Microsoft Office Buttun
2. Klik New
3. Klik Blank Document
4. Klik Create
Cara 2 : Pada Keyboard tekan Ctrl + N
Menyimpan dokumen
Setelah kita selesai mengerjakan suatu dokumen, simpanlah file dengan cara sebagai berikut:
1. Klik Microsoft office button, klik save / (Ctrl + S)
2. Muncullah kotak dialog save as, pada kotak save in, tentukan direktori atau folder temapat kita kan menyimpan file
3. Ketiklah nama file pada kotak file name
4. Secara default Type file Word document (docx) yang akan terpilih pada office 2007
5. Klik save
Catatan :
Save : akan menimpa atau merekam ulang isi file dengan nama yang sama
Save as : akan merekam isi file dengan nama yang baru, sehingga kita mempunyai dua file dengan nama yang berbeda.
Menyimpan dengan type file yang ber beda
Jika ingin menyimpan file office ke dalam versi sebelumnya , pada kotak dialog save as, ganti save as type nya dengan word 97 -2003 document.
Latihan 2
Simpan ulang document dalam type berbeda, dengan type file
1. Word document (Docx)
2. Word 97 – 2003 document
3. Rich Text Format (rtf)
4. Web page (html)
Analisakan apa perbedaannya, apakah ada yang berpengaruh pada kapasitas file?
Catatan
1. Docx : dengan format yang baru, type file docx dapat menghemat ukuran file sampai 75% karena format docx sudah terintegrasi dengan zip container.
2. doc : type file pada office 97 – 2003
3. Rtf : untu pertukan file, kapasitas lebih besar dan bebas dari virus.
4. Html : dalam tampilan web sehingga bisa dibuka pada aplikasi browser








Menyimpan File Dengan Password
Untuk menjaga kerahasiaan dokumen atau naskahyang dibuat, lengkapilah dengan password caranya:
1. Klik Microsoft office button , klik save
2. Pada kotak dialog save as, klik tools, lalu klik general options…….
• Microsoft Office Button : Fungsinya hampir sama dengan menu file:
New (Ctrl + N) : membuat dokumen baru
Open (ctrl + O) : membuka dokumen
Convert : mengubah format file menjadi format 2007
Save (ctrl +S) : menyimpan dokumen
Save as (F12) : menyimpan file dengan nama baru
Print (ctrl + P) : mencetak dokumen
Prepare : menyiapkan dokumen sebelum di publish
Send : mengirim dokumen ke media lain
Publish : mendistribusikan dokumen kepada orang lain
Close (alt + f4) :menutup dokumen yang aktif
Word options : memodifikasi setting program dari Microsoft office
Exit word : keluar dari program
• Quick Access Toolbar : Access cepat pada tool yang digunakan.
• Ribbon : Area standart office 2007 yang berada di atas jendela program tempat tempat memilih perintah –perintah. Ribbon mengganti fungsi menu dan toolbar pada menu sebelumnya.
• Ribbon terdiri dari beberapa tab yang mengelompokkan sesuai perintah yang sejenis, setiap tab terdiri dari group, setiap group terdiri dari Command Button.
Latihan 1
Tulislah semua Tab, Group dan Command button pada Microsoft Office 2007
Membuat Dokumen Baru
Cara 1 :
1. Klik Microsoft Office Buttun
2. Klik New
3. Klik Blank Document
4. Klik Create
Cara 2 : Pada Keyboard tekan Ctrl + N
Menyimpan dokumen
Setelah kita selesai mengerjakan suatu dokumen, simpanlah file dengan cara sebagai berikut:
1. Klik Microsoft office button, klik save / (Ctrl + S)
2. Muncullah kotak dialog save as, pada kotak save in, tentukan direktori atau folder temapat kita kan menyimpan file
3. Ketiklah nama file pada kotak file name
4. Secara default Type file Word document (docx) yang akan terpilih pada office 2007
5. Klik save
Catatan :
Save : akan menimpa atau merekam ulang isi file dengan nama yang sama
Save as : akan merekam isi file dengan nama yang baru, sehingga kita mempunyai dua file dengan nama yang berbeda.
Menyimpan dengan type file yang ber beda
Jika ingin menyimpan file office ke dalam versi sebelumnya , pada kotak dialog save as, ganti save as type nya dengan word 97 -2003 document.
Latihan 2
Simpan ulang document dalam type berbeda, dengan type file
1. Word document (Docx)
2. Word 97 – 2003 document
3. Rich Text Format (rtf)
4. Web page (html)
Analisakan apa perbedaannya, apakah ada yang berpengaruh pada kapasitas file?
Catatan
1. Docx : dengan format yang baru, type file docx dapat menghemat ukuran file sampai 75% karena format docx sudah terintegrasi dengan zip container.
2. doc : type file pada office 97 – 2003
3. Rtf : untu pertukan file, kapasitas lebih besar dan bebas dari virus.
4. Html : dalam tampilan web sehingga bisa dibuka pada aplikasi browser








Menyimpan File Dengan Password
Untuk menjaga kerahasiaan dokumen atau naskahyang dibuat, lengkapilah dengan password caranya:
1. Klik Microsoft office button , klik save
2. Pada kotak dialog save as, klik tools, lalu klik general options…….
Muncullah kotak dialog general options, ketiklah passswordnya dikotak password to open, lalu klik OK
3. Ketiklah kembali passwordnya, di kotak dialog confirm password, kemudian klik OK
4. Maka kotak dialog save as akan tampil kembali, ketiklah nama file pada kotak file name, kemudian klik save.

Menghapus dan mengganti password
1. Klik Microsoft office button, klik save as
2. Pada kotak dialog save as, klik Tools, lalu klik general options…
3. Jika ingin menghapus password, blok password, lalu tekan delete pada keyboard
4. Jika ingin menggantinya, blok password, lalu ketiklah password yang baru, kemudian klik OK
5. Lalu klik save

Membuka File Office 2007
1. Klik Microsoft Office 2007, klik open (Ctrl + N)
2. Tampillah kotak dialog open
3. Cari dimana letak file tersebut
4. Pilih nama file yang akan dibuka, lalu klik open
Mengakhiri Office 2007
Setelah selesai menngunakan MS Word dan file tyelah disimpan, kita dapat menutup dokumen dengan cara :
1. Klik Microsoft Office Button
2. Klik Close untuk keluar dari Word
3. Klik Exit Word (untuk keluar aplikasi )/ Alt + F4 (pada keyboard)

Latihan 3
Peraktekkan ke guru pembingbing cara membuat dokumen baru, menyimpan dokumen, membuka dokumen dan menutup dokumen.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar